Masih ingat dengan dua orang yang berbelanja ke pusat pembelanjaan dengan menggunakan APD lengkap tempo hari yang sempat ramai diperbinjangkan dan menjadi viral? Mereka sebenarnya hanya ingin melindungi diri dari virus covid 19 yang hingga saat ini belum juga usai. Karena mereka ingin membeli berbagai kebutuhan, namun mereka sangat khawatir apabila terpapar virus covid 19 sehingga mereka mengenakan jaket pelindung diri yang lazimnya digunakan para tenaga medis. Tentu saja orang-orang disekitarnya akan takut jika melihat hal demikian.

Peristiwa ini bisa menjadi awal mula diproduksi jaket pelindung diri yang fashionable namun tetap memiliki fungsi sebagai pelindung. Para produsen dan desainer kini berlomba-lomba luncurkan produk jaket pelindung diri dengan berbagai gaya, yang mana ketika anda memakainya tidak membuat orang lain takut, namun anda tetap merasa aman dan nyaman.

Jaket pelindung diri atau sering disebut JPD, kini hadir dengan berbagai mode, dan warna. Ada yang didesain transparan, ada juga dengan desai seperti jaket pada umumnya namun tahan air dan dapat dicuci. Ada juga desainer yang menambahkan beragam aksesoris untuk menambah cantik dan elegan JPD, seperti menambahkan kain tenun, hoodie dan lainnya. JPD dibuat dengan ukuran panjang biasanya melebihi pinggang, bahan yang digunakan dari serat nilon dan polyester yang memiliki kemampuan water repellent, ringan, dan mudah kering. Agar JPD anda tidak mudah rusak anda perlu melakukan perawatan terutama untuk membersihkan JPD supaya tetap bersih dan tidak bau ketika anda gunakan.

Cara merawat jaket pelindung diri

Perawatan JPD lebih kepada cara pencucian dan pengeringan. Pertama jika anda ingin mencuci JPD anda disarankan untuk merendamnya 15 hingga 30 menit dengan menggunakan air keran atau air ledeng secara langsung, anda dapat menggunakan air dingin atau air hangat. Kedua, untuk pemakaian sabun gunakan sabun tanpa kandungan detergen. Anda dapat menggunakan sampo atau sabun bayi, hal ini agar JPD tidak mudah rusak. Karena JPD pasti akan sering dicuci.

Baca Juga :  Tampil Menawan Saat Menjadi Mahasiswa Baru

Ketiga, ketika mencuci jangan menggunakan mesin cuci baik untuk pencucian maupun pengeringan. Cucilah JPD dengan menggunakan tangan atau dapat juga dengan sikat pakaian yang memiliki bulu sikat halus. Setelah anda mengucek sebaiknya anda tidak perlu memeras JPD, cukup kibaskan kemudian keringkan. Untuk pengeringan JPD cukup anda gantung dan diangin-anginkan saja. Jangan diletakkan ditempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Itulah beberapa cara perawatan agar JPD anda lebih awet. Memang JPD bukanlah Alat pelindung diri medis, JPD termasuk alat pelindung diri non medis. Akan tetapi JPD sudah cukup anda gunakan ditempat yang ringan penyebaran covid,artinya jika anda tidak berinteraksi langsung dengan pasien covid seperti layaknya tenaga medis.

JPD ini cukup bisa melindungi diri anda dari bakteri atau virus, selain itu ketika anda menggunakan JPD untuk berpergian ini akan sangat berguna untuk menjaga pakaian agar tetap sterill, bersih, dan aman.

Perlu kita waspadai namun jangan terlalu cemas berlebih begitulah kebanyakan para tenaga medis mengingatkan kita untuk tetap survaif di musim pandemi covid 19 yang belum berakhir ini. Dengan tetap mematuhi standar protokol kesehatan dimanapun kita berada. Terlebih bagi anda yang sering berada ditempat umum, Jaket Pelindung Diri ini sangat bermanfaat bagi anda. Anda dapat memperolehnya dengan mudah diberbagai toko online, pastikan toko online yang anda kunjungi terpercaya, dan produk-produk yang dijual pun berkualitas. Harga yang ditawarkan pun beragam mulai dari puluhan ribu hingga ratusan, sesuai dengan kebutuhan anda.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *