Cara Screenshot Samsung Mudah dan Gak Ribet

Ketika anda sedang asyik dengan smrtphone tiba-tiba ada gambar atau momen tertentu yang ingin anda abadikan anda tidak perlu bingung, anda dapat melakukannya tanpa harus keluar dari aktivitas yang anda lakukan. Semisal ketika anda melakukan pembelajaran dengan buah hati secara virtual, kemudian anda ingin mengambil gambarnya maka anda dapat melakukannya dengan cara screenshot. Ini sangat mudah untuk anda lakukan dan juga sangat membantu, apa lagi di musim pandemi yang segalanya serba virtual. Setiap smrtphone terkadang memiliki cara sendiri untuk screenshot meski terkadang ada yang sama. Jika anda memiliki smrtphone Samsung dan masih bingung untuk screenshot, berikut cara screenshot Samsung yang mudah dan tidak perlu ribet

Screenshot dengan cara Swiping Layar

Cara ini sangat mudah digunakan, anda hanya mengusap layar dari kiri ke kanan menggunakan tangan anda maka gambar, video, atau pun percakan sudah dapat anda abadikan dengan screenshot. Akan tetapi anda harus mengetahui terlebih dahulu apakah fitur ini tersedia di smrtphone anda. Jika memang tersedia anda juga harus memastikan fiturnya sudah anda aktifkan. Jika belum anda wajib untuk mengaktifkan terlebih dahulu. Berikut cara yang dapat anda lakukan untuk aktifasi fitur swiping layar

 Cara mengaktifkan fitur screenshot swiping layar

Pertama anda harus masuk ke menu settings > advanced features atau jika anda menggunakan fitur yang lama dengan cara masuk ke setting > motions and gestures. Setelah itu pilih dan klik palm swipe sampai muncul tanda centang. Jika semuanya sudah selesai, anda dapat menutup menu dan segera mencoba apakah screenshot swiping layar sudah dapat anda gunakan.

Itu lah cara mengaktifkan fitur, jika sudah anda dapat melakukan screenshot dengan mudah, cukup tempelkan tangan anda pada layar dan usap dari arah kiri ke kanan. Cara ini dapat digunakan jika smartphone anda Samsung keluaran 2014 ke atas. Misalnya Samsung galaxy S4.

Baca Juga :  Tips Mudah Merawat Kondisi Sistem Pendingin Mobil

Screenshot dengan menggunakan tombol

Apabila anda tidak dapat melakukan screenshot dengan cara swiping layar, anda tidak perlu cemas masih ada beberapa cara screenshote Samsung yang juga sangat mudah untuk anda praktikkan. Caranya yaitu dengan menggunakan tombol. Cara ini ada dua macam, yaitu dengan tombol home plus power atau tombol power plus volume down. Simak penjelasannya ya, supaya anda tidak bingung lagi

Screenshot dengan tombol Home + Power

Cara ini dapat anda gunakan apabila smartphone Samsung yang anda miliki dilengkapi dengan tombol home. Samsung keluaran 2013/2014 ke bawah biasanya menggunakan ini. Seperti Samsung galaxy note 2 hingga 4. Untuk caranya juga sangat mudah sekali. Anda hanya perlu menekan tombol home dan power secara bersamaan dan menahannya beberapa detik sampai terdengar getaran atau bunyi suara klik, atau bunyi kamera, apabila proses screenshot berhasil anda dapat melepaskan kedua tombol tersebut.

Screenshot dengan tombol Power + Volume Down

Jika cara tombol diatas untuk Samsung keluaran lama, maka berbeda dengan cara yang satu ini. Screenshot dengan tombol Power + Volume Down dapat anda lakukan pada Samsung keluaran terbaru. Samsung terbaru yang sudah tidak dilengkapi dengan tombol home dapat menggunakan tombol powe plus volume down untuk melakukan screenshot. Caranya anda tekan tombol power dan volume down secara bersamaan, dan tahan keduanya sampai terdengan suara seperti shutter kamera.

Bagaimana, anda sudah memahaminya? Jika anda baru memiliki smartphone Samsung anda perlu mencoba cobanya agar lebih terbiasa. Jika sudah terbiasa ini sangat mudah untuk anda lakukan. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *