Bisul yang Harus Diwaspadai

Sepertinya kata bisul memang sudah tidak asing lagi, dan bukan termasuk penyakit yang menakutkan. Tapi menurut ku menjengkelkan juga. Apalagi kalua tumbuhnya di bokong. Bayangkan sakit, apalagi buat dudukā€¦hehehe. Namun ada juga orang yang mengalami bisul berkepanjangan alias tidak kunjung sembuh. Satu sumbuh muncul lagi, begitu terus dalam waktu yang lama. Nah, kalua seperti ini wajib periksa ke dokter kulit.

Meski hanya bisul kalua berlangsung lama dan tak kunjung sembuh wajib diperiksakan, karena hal ini dapat memicu penyakit yang lebih serius. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu bisul, apa yang menyebabkan dia muncul, kapan kita harus kedokter, dan bagaimana cara mencegah agar bisul tak muncul.

Tapi, sebelum membahas bisul. Saya mempunya pengalaman nyata tentang bisul..hehehe. Pernah muncul bisul satu, agak besar, merah dan sakit. Kemudian badan juga meriang akhirnya aku memutuskan untuk periksa ke dokter. Sama dokter dikasih obat Alhamdulillah sembuh dan ndak muncul lagi.

Nah, sebenarnya seperti apa bisul itu, yuk simak uraian berikut

Apa Itu Bisul

Bisul termasuk salah satu penyakit kulit. Bisul merupakan benjolan mera yang lunak, berisi nanah dan terasa sakit. Sebelum membesar apabila disentuh benjolan terasa panas dan sekitar benjolan juga memerah.

Bisul ini dapat muncul di beberapa are tubuh namun hanya berjumlah satu, dan paling sering di area tubuh yang lembab seperti selangkangan atau ketik. Bisul juga sering muncul di bokong, punggung, dada, bahkan wajah.

Apa Penyebab Bisul

Bakteri yang masuk kedalam tubuh melalui pori pori atau luka terbuka pada kulit merupakan pemicu munculnya bisul. Bakteri staphylococcus merupakan bakteri sering menyebabkan bisul. Selain itu kondisi seperti diabetes, penyakit kulit, eksim, kekebalan tubuh yang lemah, dan juga kurang menjaga kebersihan kulit juga dapat menyebabkan timbulnya bisul.

Baca Juga :  Pemerah Bibir Permanen Alami Herbal

Kapan Bisul Harus Diwaspadai dan Periksa ke Dokter

Apabila bisul yang muncul sembuh dengan sendirinya dalam waktu 4 atau 5 hari anda tidak perlu kawatir. Namun apabila bisul tidak kunjung sembuh dan sering muncul maka anda perlu waspada. Selain itu apabila ukuran bisul semain membesar melebihi 1 cm dengan rasa nyeri yang kian terasa, apa lagi disertai demam. Lebih baik anda segera konsultasi ke dokter spesialis kulit. Supaya mendapat penanganan yang tepat dan tidak memicu infeksi atau penyakit lain.

Saat ini anda dapat menggunakan fasilitas yang sangat membantu untuk mendapatkan doket spesialis professional yang kita inginkan. Bahkan kita dapat mengecek jadwal dan tempat dokter melakukan praktek. Anda dapat menggunakan Booking Dokter untuk menentukan jadwal pemeriksaan di RS yang anda inginkan.

Cara mencegah Bisul

Mencegah akan lebih baik bukan dari pada menggobati. Begitu selogan yang sering kita dengar. Benar juga. Jangan menunggu bisulan besar hingga dokter harus melakukan tindakan bedah baru anda berkonsultasi dengan dokter. Ini akan menyakitkan dan meropatkan.

Kita dapat melakukan upaya pencegan sejak dini sebelum bisul muncul. Terlebih bagi anda yang pernah mengalaminya. Supaya tidak muncul kembali anda dapat melakukan hal berikut

Pertama anda wajib menjaga keberihan baik kebersihan badan, pakaian, maupun lingkungan. Tau kan bakteri suka dengan yang kotor. Anda harus mengganti pakaian setiap hari dan segera mencucui pakaian kotor dengan bersih. Mencuci tangan sesering mungkin dengan air mengallir dan juga sabun. Jangan menggaruk kulit terlebih jika tangan anda kotor.

Apabila ada luka pada kulit bersihkan luka dan tutup dengan kasa steril. Selain mencegah masuknya bakteri hal ini juga dapat mencegah terjadinya infeksi. Yang tidak kalah penting jaga kekebalan tubuh dengan konsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur.

Baca Juga :  Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami Tanpa Ke Salon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *