Alasan Penyebab Nyeri Punggung Bagian Atas dan Cara Mengatasinya

Apakah anda termasuk salah satu orang yang kerap alami nyeri punggung bagian atas? Lantas apa yang anda lakukan ketika hal tersebut terjadi. Apakah anda abaikan sinyal dari tubuh anda tersebut? Dan apakah anda sudah memahami alasan nyeri punggung bagian atas yang kerap menyerang anda? Anda perlu memahami alasan nyeri punggung bagian atas agar anda dapat melakukan penanganan yang tepat.

Nyeri punggung bagian atas ini terjadi di area pangkal leher dan bagian bawah tulang rusuk. Anda perlu waspada apabila hal ini terjadi secara terus menerus dan tak kunjung sembuh ketika anda sudah melakukan istirahan cukup dan terapi. Berikut alasan yang dapat menyebabkan nyeri punggung bagian atas:

Beban otot yang terlalu berat atau otot terlalu sering digunakan

Penggunaan otot punggung melebihi batas kemampuannya atau berlebih dapat mengakibatkan timbulnya nyeri. Melakukan gerakan yang berulang secara terus menerus juga dapat menjadi pemicu nyeri.

Contohnya adalah ketika anda berolahraga kemudain anda melakukan gerakan yang sama secar berulang-ulang. Hal tersebut dapat menjadi penyebab nyeri dibagian punggung atas anda.

Apabila hal ini terjadi pada anda yang dapat anda lakukan adalah beristirahat terlebih dahulu ketika sudah mulai membaik anda dapat melakukan pereganggan atau olahraga ringan yang melenturkan otot anda.

Postur tubuh yang salah

Postur tubuh yang salah dapat menjadi alasan timbulnya nyeri punggung bagian atas. Seperti posisi anda ketika duduk yang salah atau posisi ketika anda tidur. Ketika anda duduk dengan posisi membungkuk dalam waktu yang lama dapat menyebabkan hilangnya kekuatat otot punggung anda.

Hilangnya kekuatan otot ini secara berlahan dapat melemahkan otot sehingga nyeri punggung bagian atas dapat timbul akibat dari keteganggan atau iritasi.

Baca Juga :  Tahan-tahap proses pembentukan urin

Untuk mengatasi hal tersebut sebaginya anda memperbaiki posisi duduk, dan ketika anda duduk lama sebaiknya anda melakukan istirahat berkala, agar otot punggung tidak kaku. Anda dapat berdiri dan melakukan pergangan.

Saraf terjepit

Rasanyeri pada punggung bagian atas yang tidak kunjung sembuh perlu anda waspadai. Saraf terjepit dapat menjadi penyebab timbulnya rasa sakit tersebut. Saraf terjepit dipunggung bagian atas hingga ketenggah dapat menyebabkan kelemahan atau kehilangan kendali kaki, mati rasa dan nyeri lengan atau tungkai, dan juga masalah yang berhubungan dengan mengontrol buang air kecil.

Cedera traumatis

Apabila anda pernah menggalami kecadian yang menyebabkan cedera traumatis nyeri punggung bagian atas dapat terjadi pada anda. misalnya kecelakaan ketika berkendara, jatuh atau terpeleset dengan posisi tidak tepat, atau mengangkat beban berat dengan posisi tidak tepat.

Apabila anda mengalami hal tersebut dan nyeri yang timbul tidak kunjung membaik sebaiknya anda segera ke dokter. Karena kondisi cedera traumatis bisa saja parah, seperti keretakan atau bahkan patah tulang. Memeriksakan kedoktrt dengan segera akan membuat anda lebih baik.

Itulah beberapa alasan yang dapat menyebabkan nyeri punggung bagian atas. Lalau kondisi seperti apa yang dapat dikatakan bahaya dan anda perlu kedokter? Yaitu:

Anda perlu waspada apabila merasakan hal-jal berikut:

Nyeri punggung bagian atas yang tidak hilang berhari-hari.

Rasa sakit yang tidak kunjung hilang setelah anda beristirahat. Rasa sakit ini berkelanjutan sampai beberapa hari. Bahkan setelah anda meminum obat anti nyeri. Tapi anda harus inggat ya meminum obat anti nyeri tidak dibenarkan apabila dikonsumsi terus menerus tanpa resep dari dokter.

Suhu badan meningkat atau demam.

Demam yang timbul disertai dengan nyeri punggung bagian atas ini memberi sinyal bahwa terjadi infeksi pada tulang belakang. Apabila hal tersebut terjadi sebaiknya anda segera kedokter. Dokter akan memeriksa anda dan memberikan penanganan yang tepat.

Baca Juga :  Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami Tanpa Ke Salon

Selain kondisi tersebut ada juga beberapa kondisi yang perlu anda waspadai seperti rasa sakit ketika menarik nadap dalam, rasa sakit yang anda alami semakin terasa ketika anda bergerak, anda mengalami kekelahan yang berlebihan, serta rasa sakit yang membakar.

Demikian alasan beserta cara penanganan apabila anda mengalami nyeri pada punggung bagian atas. Semog bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *